Rabu, 10 Oktober 2012

10 Penyakit Mematikan


Peringkat 10 >> Diare
Nah loh… HAti-hati sama penyakit diare, walaupun terkesan penyakit ringan, ternyata kematian yang di timbulkan penyakit diare ini masuk peringkat ke 10 loh…Sebenarnya, bukan diarenya yang menyebabkan kematian, tapi karena dehidrasi akibat kekurangan cairan….Secara, 1 hari saja bis berapa kali tuhh buang airnya…

Peringkat 9 >> Darah Tinggi
Seperti kita tahu, darah tinggi bisa menyebabkan komplikasi dan bisa menjadi perintis untuk sakit stroke, jantung koroner, gagal ginjal, dsb… Nah, cara untuk mencegah penyakit darah tinggi ini adalah menjalankan pola hidup sehat, aktif berolahraga, mengatur pola makan, meningkatkan mengkonsumsi buah dan sayuran, tidak mengkonsumsi alcohol dan rokok.

peringkat ke 8 >> Diabetes Mellitus
Diabetes Mellitus atau yang biasa kita sebut Kencing manis, adalah penyakit yang ditimbulkan karena kadar gula dalam darah seseorang menjadi sangat tinggi. Salah satu penyebabnya adalah keturunan, tapi tidak 100% disebabkan oleh keturunan, ada juga yang disebabkan oleh pola hidup. Ciri-ciri penderita adalah mudah lelah,lemas, sering kesemutan, sering buang air kecil, dsb. Resiko terkena Diabetes ini dapat dikurangi dengan mengatur pola makan sehat, rajin berolahraga, cukup tidur, menghindari roko, mirasantika, dll.

Peringkat 7 >> Kecelakaan Lalu Lintas
Tingginya angka kecelakaan lalu lintas ini, mengantarkan nya menjadi peringkat ke 7 penyebab kematian terbesar di Indonesia. Makanya itu, jangan anggap sepele aturan safety riding, patuhi aturan lalulintas dengan penuh kesadaran.

Peringkat ke 6 >> Penyakit Paru-paru
Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu tar, nikotin, karbon monoksida, dsb.

Peringkat ke 5 >> Kelahiran Bayi
Buat ibu-ibu yang sedang hamil, atau calon ibu-ibu yang akan hamil… Nih perlu diperhatiin.., Ternyata Kematian Kelahiran bayi ternyata menduduki peringkat ke 5 penyebab terbesar kematian di Indonesia. Baik karena bayi nya kena penyakit tetanus, maupun karena proses persalinan..

Peringkat ke 4 >> Penyakit pernapasan
Penyakit pernapasan atau Pneumonia , adalah infeksi paru-paru yang disebabkan oleh virus. Virus ini menular melalui pernapasan.

Peringkat ke 3 >> Kelainan Pembuluh Darah
Penyakit ini terjadi karna ada penyumbatan lemak pada pembuluh darah. Hal ini bisa terjadi karena kolesterol tinggi, merokok, kelebihan berat badan. Nah, cara menghindari nya, tetap lakukan pola hidup sehat.

Peringkat 2 >> TBC
TBC ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mikobakterium Tuberkulosa. Bakteri ini menyerang paru-paru dan termasuk bakteri yang sangat kuat. Sehingga, memerlukan waktu yang cukup lama untuk menghilangkannya. Salah satu ciri dari TBC adalah batuk berdahak lebih dari 2 minggu. Pria memiliki kemungkinan terkena TBC yang lebih tinggi dibanding wanita.

Dan peringkat 1 >> Jantung Koroner
Penyempitan dan penyumbatan pembuluh arteri koroner. Dahulu penyakit jantung ini banyak diderita oleh para manula (usia 60 thn ke atas). Tetapi makin ke sini, usia 40 thn sudah ada yang menderita penyakit jantung. Hal ini tidak lain disebabkan oleh gaya hidup kota modern. Seperti makan fast food , kerja berlebihan, kebiasaan merokok, kurang olahraga, dan stres.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar