PERKEMBANGAN MENTAL
GERAKAN-GERAKAN
KASAR & HALUS, EMOSI, SOSIAL, PERILAKU, BICARA
1. Perkembangan
anak balita
a. Sangat penting sebagai dasar untuk perkembangan selanjut¬nya yakni prasekolah, sekolah, akil balik dan remaja
a. Sangat penting sebagai dasar untuk perkembangan selanjut¬nya yakni prasekolah, sekolah, akil balik dan remaja
b. Untuk
perkembangan yang baik dibutuhkan:
1) kesehatan & gizi yang baik daripada ibu hamil, bayi dan anak prasekolah
2) stimulasi/rangsangan yang cukup dalam kualitas dan kuantitas
1) kesehatan & gizi yang baik daripada ibu hamil, bayi dan anak prasekolah
2) stimulasi/rangsangan yang cukup dalam kualitas dan kuantitas
c. Keluarga
dan KIA-KB mempunyai peran yang penting dalam pembinaan fisik, mental sosial
anak balita
2. Dari
lahir sampai 3 bulan:
a. Belajar mengangkat kepala
a. Belajar mengangkat kepala
b. Belajar
mengikuti obyek dengan matanya
c. Melihat
kemuka orang dengan tersenyum
d. Bereaksi
terhadap suara/bunyi
e. Mengenal
ibunya dengan penglih&tan, penciuman, pende¬ngaran, dan kontak.
f. Menahan
barang yang dipegangnya
g. Mengoceh
spontan atau bereaksi dengan mengoceh
3. Dari
3 sampai 6 bulan:
a. mengangkat kepala 90 derajat dan mengangkat dada de¬ngan bertopang tangan
a. mengangkat kepala 90 derajat dan mengangkat dada de¬ngan bertopang tangan
b. mulai
belajar meraih benda-benda yang ada dalam jang• kauannya atau diluar
jangkauannya
c. menaruh
benda-benda di mulutnya
d. berusaha
memperluas lapangan pandangan
e. tertawa
den menjerit karena gembira bila diajak bermain - mulai berusaha mencari
benda-benda yang hilang
4. Dari
6 – 9 bulan
a. dapat duduk tanpa dibantu
a. dapat duduk tanpa dibantu
b. dapat
tengkurep iian berbalik sendiri
c. dapat
merangkak meraih benda atau mendekati seseorang
d. memindahkan
benda dad satu tangan ke tangan yang lain
e. memegang
benda kecil dengan ibu jari dan jari telunjuk
f. bergembira
dengan melempar benda-benda
g. mengeluarkan
kata-kata yang tanpa arti
h. mengenal
muka anggota-anggota keluraga dan takut kepada orang asing/lain
i.
mulai berpartisipasi dalam permainan
tepuk tangan,dan sem¬bunyi-sembunyian
5. Dari
9 -12 bulan
a. dapat berdiri sendiri tanpa dibantu
b. dapat berjalan dengan dituntun menirukan suara
c. mengulang bunyi yang didengarnya
d. belajar menyatakan satu atau dua kata mengerti perintah sederhana atau larangan
e. memperlihatkan minat yang besar dalam mengeksplorasi se¬kitarnya, ingin menyentuh apa saja dan memasukkan benda¬benda ke mulutnya
f. berpartisipasi dalam permainan
a. dapat berdiri sendiri tanpa dibantu
b. dapat berjalan dengan dituntun menirukan suara
c. mengulang bunyi yang didengarnya
d. belajar menyatakan satu atau dua kata mengerti perintah sederhana atau larangan
e. memperlihatkan minat yang besar dalam mengeksplorasi se¬kitarnya, ingin menyentuh apa saja dan memasukkan benda¬benda ke mulutnya
f. berpartisipasi dalam permainan
6. Dari
18-24 bulan
a. naik turun tangga
b. menyusun 6 kotak menunjuk mata dan hidungnya menyusun dua kata
c. belajar makan sendiri
d. menggambar garis di kertas atau pasir
e. mulai belajar mengontrol buang air besar dan buang air kecil/kencing
f. menaruh minat kepada apa yang dikerjakan oleh orang-orang yang lebih besar
g. memperlihatkan minat kepada anak lain dan bertnain-main dengan mereka
a. naik turun tangga
b. menyusun 6 kotak menunjuk mata dan hidungnya menyusun dua kata
c. belajar makan sendiri
d. menggambar garis di kertas atau pasir
e. mulai belajar mengontrol buang air besar dan buang air kecil/kencing
f. menaruh minat kepada apa yang dikerjakan oleh orang-orang yang lebih besar
g. memperlihatkan minat kepada anak lain dan bertnain-main dengan mereka
7. Dari
2 sampai 3 tahun:
a. belajar meloncat, memanjat, melompat dengan satu kaki
b. jembatan dengan 3 kotak
c. mampu menyusun kalimat
d. mempergunakan kata-kata saya, bertanya, mengerti kata¬kata yang ditujukan kepadanya
e. menggambar lingkaran
f. bermain bersama dengan anak lain dan menyadari adanya lingkungan lain di luar keluarganya
g. berjalan dan mengeksplorasi rumah serta sekeliling rumah
h. menyusun 2 atau 3 kotak
i. dapat mengatakan 5-10 kata
j. memperlihatkan rasa cemburu dan rasa bersaing
a. belajar meloncat, memanjat, melompat dengan satu kaki
b. jembatan dengan 3 kotak
c. mampu menyusun kalimat
d. mempergunakan kata-kata saya, bertanya, mengerti kata¬kata yang ditujukan kepadanya
e. menggambar lingkaran
f. bermain bersama dengan anak lain dan menyadari adanya lingkungan lain di luar keluarganya
g. berjalan dan mengeksplorasi rumah serta sekeliling rumah
h. menyusun 2 atau 3 kotak
i. dapat mengatakan 5-10 kata
j. memperlihatkan rasa cemburu dan rasa bersaing
8. Dari
3 sampai 4 tahun:
a. berjalan-jalan sendiri mengunjungi tetangga berjalan pada jari kaki
b. belajar berpakaian dan membuka pakaian sendiri menggambar garis silang
c. menggambar orang hanya kepala dan badan mengenal 2 atau 3 warna
d. bicara dengan baik
e. menyebut namanya, jenis kelamin dan umurnya banyak bertanya
f. bertanya bagaimana anak dilahirkan
g. mengenal sisi atas, sisi bawah, sisi muka, sisi belakang mendengarkan cerita-cerita
h. bermain dengan anak lain
i. menunjukkan rasa sayang kepada saudara-saudaranya
j. dapat melaksanakan tugas-tugas sederhana
a. berjalan-jalan sendiri mengunjungi tetangga berjalan pada jari kaki
b. belajar berpakaian dan membuka pakaian sendiri menggambar garis silang
c. menggambar orang hanya kepala dan badan mengenal 2 atau 3 warna
d. bicara dengan baik
e. menyebut namanya, jenis kelamin dan umurnya banyak bertanya
f. bertanya bagaimana anak dilahirkan
g. mengenal sisi atas, sisi bawah, sisi muka, sisi belakang mendengarkan cerita-cerita
h. bermain dengan anak lain
i. menunjukkan rasa sayang kepada saudara-saudaranya
j. dapat melaksanakan tugas-tugas sederhana
a. melompat dan menari
b. menggambar orang terdiri dari kepala, lengan, badan - menggambar segi empat dan segi tiga
c. pandai bicara
d. dapat menghitung jari-jarinya
e. dapat menyebut hari-had dalam seminggu
f. mendengar dan mengulang hal-hal penting dan cerita - minat kepada kata baru dan artinya
g. memprotes bila dilarang apa yang diingininya - mengenat 4 wama
h. memperkirakan bentuk dan besarnya benda, membedakan besar dan kecil
i. menaruh minat kepada aktivitas orang dewasa